CARA CERDAS MENCEGAH DAN MENGOBATI BEBEK LUMPUH YAN PERLU DIKETAHUI

CARA CERDAS MENCEGAH DAN MENGOBATI BEBEK LUMPUH YANG PERLU DIKETAHUI

Bebek adalah salah satu jenis unggas yang sebebarnya sangat jarang terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya yang baik dan sangat mudah diternakkan,entah itu bebek pedanging atau bebek petelur.Tetapi biasanya satu penyakit yang paling sering menyerang ternak bebek dan sering mengganggu para sahabat peternak bebek ini adalah penyakit lumpuh.Lalu apa penyebabnya dan apa obat penyakit bebek lumpuh yang paling efektif untuk mengobati sekaligus mencegah penyakit ternak bebek lumpuh itu ??

Penyakit lumpuh pada ternak bebek itu sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor,yaitu :
  • Keracunan
  • Tertindih temannya
  • Terkilir atau terbentur
  • Kekurangan viramin dan mineral
  • Pilek/snot
  • Berak hijau
  • Tetelo
Ayo kita buka dan lihat beberapa faktor itu sekaligus pengobatannya :
  • Tertindih dan terkilir
Karena terlalu padat populasi bebek dalam 1 kandang tak jarang ada bebek saling bertubrukan dan tertindih kawanan yang lain.biasanya gejala kelumpuhan ini disertai adanya memar ditubuh atau kaki.Bahkan tak jarang ada bagian kaki yang bengkak.

CARA MENGATASI / MENGOBATINYA :

Ambil minyak kayu putih atau minyak tawon dan oleskan pada kaki bebek yang memar/lumpuh tadi.Usahakan dipijit halus dari bawah ke atas.Apabila ada luka pada kaki sangat kami sarankan agar lebih baik menunggu luka itu kering dulu baru bisa dioleskan minyak kayu putih/minyak tawon.Proses oengeringan luka bisa diberi bethadyn dan diberi probiotik.Beri minuman probiotik dan susu pada minumannya untuk mempercepat proses penyembuhan memar terkilir tadi.
SARAN KAMI : Kurangi kepadatan ternak bebek dalam satu kandang.
  • Kekurangan mineral
Meskipun kita memberikan pakan yang terbaik (pakan pabrik) dan minuman terbaik pada ternak bebek kita,tak jarang banyak kasus bebek lumpuh secara tiba-tiba karena kekurangan asupan gizi dan mineral dalam tubuhnya.Ingat pakan pabrik belum tentu 100% bagus dan mencukupi kebutuhan gizi bebek.Perlu adanya pakan tambahan dan minuman bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bebek.

 CARA MENGOBATINYA :

Ambol probiotik,air daun sirih/daun kelor dan susu pada minumannya.Diternak bebek kami biasa pakai susu Dancow 1 sachet per 10-12 liter air.Berikan pada ternak bebek yang lumpuh tadi selama 4 hari berturut-turut.Untuk pakannya sangat kami sarankan untuk mencampurkan dengan susu,air sirih,vitamin NASA dan telur ayam kampung pada pakannya.
  • Keracunan pakan
Ternak bebek dapat mengalami keracunan pakan apabila kita kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan pakan yang kita berikan pada ternak bebek.Gejala keracunan pakan ini dilihat dari pupil mata bebek yang membesar dan leher bebek yang lemas seperti tidak ada tulang,bulu yang mudah rontok.Bakteri yang sudah menyerang tubuh bebek bisa menyebabkan kelumpuhan ternak bebek.

CARA MENGOBATINYA :

pemberian air kelapa yang masih muda dan minyak goraeng juga sangat efektif dalam mengobati dan mencegah keracunan.Pemberian air garam juga sangat bagus untuk menekan bakteri dalam tubuh bebek.Atau memberikan 1 sdm minyak kelapa ke 1 liter air + probiotik.Minyak kelapa akan membuat bebek selalu haus akan minum sebanyak-banyaknya.Banyaknya air akan membuat racun dalam dalam tubuh bebek menjadi encer dan akan keluar bersama kotoran.
  • Berak darah 
Ini yang agak mengerikan,saat kita menemukan ternak bebek kita dalam kondisi lumpuh atau susah berdiri,bulu-bulu tubuhnya kering dan berdiri,terlihat kusam atau kotor dan kotorannya berwarna merah darah / ada bercak darah,penurunan nafsu makan dan minum yang sangat pesat dan bobot tubuh  yang turun secara drastis maka kemungkinan besar ternak bebek terkena penyakit kokdiosis/bercak darah.

CARA MENGOBATINYA :

 Berikan obat anti oksidan di toko obat lalu diberikan kepada ternak bebek.Berikan minuman yang mengandung daun kelor,lempunyang wangi,lengkuas,kunyit dan borowali ke air minum juga pakan bebek.Berikan selama 3-4 hari berturut-turut.
SARAN KAMI : Jaga kebersihan dan kesterilan kandang bebek dengan melakukan penyemprotan desinfeksan juga insektisida organik untuk mencegah penyebaran virus ini interval 6-10 hari sekali.beri probiotik/antibiotik pada bebek setiap 5 hari sekali untuk pencegaan.
  • Pilek
Bukan hanya manusia saja yang bisa pilek ternak bebek juga bisa terkena pilek/snot.Penyakit ini menular dan sebaiknya dipisakhan dari ternak bebek yang lain.Gejalanya bebek akan selalu keluar kotoran encer seperti air mata dari mata dan bebek lemas.

CARA MENGOBATINYA :

Suntik bebek yang sakit itu dengan Streptomicin Sulphat dengan dosis 0,3 gram s/d 0,4 gram per bobot bebek.Penyuntikan dilakukan secara individu pada bebek yang sakit saja.Untuk pencegahan bebek yang lain agar tidak tertular,beri campuran vitamin ternak + probiotik + kunyit + jahe + cabe lempuyang pada pakan atau pada air minum.
SARAN KAMI : Jaga kebersihan dan kesterilan kandang bebek dengan melakukan penyemprotan desinfektan juga intektisida organik untuk mencegah penyebaran virus ini interval 10-15 hari sekali.Beri probiotik setiap 2 hari sekali.
  • Berak hijau
Gejala berak hijau pada ternak bebek ini adalah berearna hijau bisa hijau muda atau hijau tua hidung meler seperti cairan lendir lalu tak jarang ditemui ada memar disekitar lutut kakinya.

CARA MENGOBTINYA :

Beri minum obat Koledrin atau NeoMeditril,Dan beri minum air jahe,air sirsak,bawang putih dan kunyit pada air minum juga pakannya.Beri vitamin ternaknpada pakan juga air minumnya.
SARAN KAMI : Jaga kebersihan dan kesterilan kandang bebek dengan melakukan penyemprotan desinfektan juga insektisida organik untuk mencegah penyebaran virus ini interval 6-10 hari sekali.
  • Tetelo/ND
Ternyata ternak bebek juga bisa terkena penyakit tetelo ini yang dicirikan dengan leher terpelintir dan berak berwarna hijau keputihan dan encer.

CARA MENGOBATINYA :

Memberikan kunyit dan bawang putih pada air minum atau pakannya selain memberikan probiotik dan viramin ternak organik modern.
SARAN KAMI : Berikan imunisasi atau vaksinasi ND pada DOD sedini mungkin.

Semua itu adalah beberapa penyakit yang menyebabkan ternak bebek lumpuh.Pengobatannya bisa dilakukan secara tradisional ataupun organik modern tergantung kondisi ternak bebek anda.





Butuh Bantuan?Jangan Sungkan 

Jika Anda Butuh Bantuan,Ataupun Hal-Hal Yang Ingin Ditanyakan,Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami,Dengan Senang Hati akan Kami Bantu

TELP/SMS/WA

0813 2952 3111

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA CERDAS MENCEGAH DAN MENGOBATI BEBEK LUMPUH YAN PERLU DIKETAHUI"

Post a Comment