TIPS MENANAM STRAWBERRY DI DAERAH PANAS


Strawberry adalah tanaman buah yang berhabitat asli di dataran tinggidan beriklim sejuk.Di Indonesia,tanaman ini sudah banyak dibudidayakan oleh para petani di Jawa Barat.Bahkan,bebrapa petani juga "nekat" memeliharanya di dataran rendah yang bersuhu lebih panas dengan memberikan perlakuan-perlakuan tertentu.
Bagaimana proses pembudidayaan strawberry di daerah panas dilakukan ? Berikut ini adalah kiat-kiatnya :
  • Biarkan Bibit Strawberry Beradaptasi
Semua tanaman tidak bisa hidup di lingkungan yang kontras dengan habitat aslinya,termasuk strawberry.Mengingat strawberry biasanya tumbuh di daerah beriklim sejuk dan dingin,anda harus mengadaptasikannya terlebih dahulu sebelum ditanam didaerah panas.
Caranya yaitu usahakan pemindahan bibit strawberry dari tempat penjual ke lahan penanaman dilakukan saat malam hari.Selanjutnya,letakkan bibit-bibit tersebut ke dalam ruangan yang ber AC selama 3-5 hari.Usahakan setiap hari suhu ruangan dinaikkan sedikit demi sedikit sampai mendekati suhu normal diluar ruangan.Berikan perhatian yang intensif dan amati perkombangan kondisi bibit strawberry tersebut selama proses adaptasi.
  • Pakai Media Tanam Yang Organik
Strawberry sangat menyukai media tanam yang subur dan mengandung unsur organik yang tinggi.Tanaman ini juga akan tumbuh dengan baik ketika dipelihara  di media tanam yang bersifat porous.Untuk membuat media tanam dengan kondisi tersebut,anda bisa mencampurkan sekam padi dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1.Setelah itu biarkan media tanam tersebut selama 3 hari sambil terus disiram sebelum siap dipakai.
  • Siram Dua Kali Sehari
Agar kondisi lingkungan pemeliharaan strawberry mendekati habitat aslinya,disarankan menyiram tanaman ini setiap dua kali sehari saat pagi dan sore.Penyiraman cukup dilakukan seperlunya saja tanpa mengakibatkan media tanam terlalu basah.Jangan lupa siram strawberry tersebut menggunakan pupuk kandng cair setiap seminggu sekali.
  • Pengendalian Hama dan Penyakit
Di daerah panas,strawberry biasanya tidak terlalu rawan terhadap hama dan penyakit.Hama strawberry contohnya mealibug,belalang thrips dan kutu kuning yang bisa dikendalikan dengan curacron berdosis 1-2 ml/liter.Sementara untuk penyakit yang sering menyerangnya meliputi busuk akar dan busuk daun yang bisa diatasi dengan mengurangi intensitas penyiraman tanaman dan menghilangkan bagian-bagian tanaman yang berpenyakit.
  • Bungkus Bakal Buah Strawberry 
Setelah berusia sekitar 2-3 bulan,tanaman strawberry akan menghasilkan bakal buahnya.Agar bakal  tersebut bisa berkembang menjadi buah  yang sempurna dan berukuran besar,anda bisa membungkusnya dengan plastik berwarna hitam.Hal ini ditujukan untuk mencegah rusaknya bakal buah akibat sengatan matahari dan mengurangi tingkat penguapan.

 Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga bermanfaat bagi anda yang sedang ingin bercocok tanaman buah strawberry di daerah panas.



Butuh Bantuan?Jangan Sungkan 

Jika Anda Butuh Bantuan,Ataupun Hal-Hal Yang Ingin Ditanyakan,Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami,Dengan Senang Hati akan Kami Bantu

TELP/SMS/WA

0813 2952 3111

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MENANAM STRAWBERRY DI DAERAH PANAS"

Post a Comment