DOSIS PUPUK DURIAN MONTONG

PAKET PUPUK DURIAN

  • POWER NITRITION 250 gr
  • POC NASA 1 botol 500 cc
  • SUPERNASA 1 botol 250 gr
  • HORMONIK 1 botol 100 cc
  • GLIO 1 kotak 100 gr
  • PESTONA 1 botol 500 cc
DOSIS PUPUK DURIAN MOTONG - Dalam upaya meningkatkan kwalitas produksi pertanian PT.Natural Nusantara banyak menolong para petani terlebih di Indonesia,diantarnya merupakan petani duren ditanah air dengan menciptakan teknis budidaya durian yang ideal,dengan mengedepankan Aspek K-3 (Kualitas,Kuantitas dan Kelestarian Lingkungan).

PERSYARATAN PERTUMBUHAN

Pohon duren setidaknya bisa tumbuh dengan bagus maksimal di ketinggian 50-620 mdpl,intensitas sinar 40-50%,suhu lingkungan 22-30 derajat celcius,curah hujan yang pas sekitar 1.500 - 2.500 mm per tahun.Pertumbuhanduren akan jauh lebih baik seandainya ditanam ditanah yang baik pula,yakni tanah lempung berpasir gembur dan memiliki banyak kandungan bahan organik dengan pH 6-7.

PEMBIBITAN

Untuk menjadikan pohon durian yang baik tentunya seharusnya tak salah saat memilih benih durian yang unggul dengan kriteria benih tanaman duren yang subur,daun banyak,segar,sehat,batang kokoh,bebas penyakit dan hama,mempunyai cabang 2-4 arah dan mempunyai tunas baru.

PERSIAPAN LAHAN

Pembukaan lahan sebaiknya dilaksanakan pada musim kemarau.Lahan yang diaplikasikan untuk budidaya dibersihkan dari gulma,alang-alang serta tanaman keras yang dapat menggangu masuknya cahaya matahari.Buat saluran pembuangan air pada lahan,kalau lahan miring dibuatkan terasering.

JARAK TANAM

Jarak tanam yang biasa diaplikasikan berukuran 8 x 12 m atau 10 x 10 m.

TANAMAN PELINDUNG

Budidaya buah duren dengan skala besar dan luas yang berada didaerah terbuka amat diperlukan tanaman pelindung,seperti turi,lamtoro,gamal,pepaya, atau sengon.
Tanaman pelindung ditanam sesudah penyiapan lahan.

LUBANG TANAM

Buat lubang tanam dengan ukuran 50 cm².Pisahkan tanah bagian atas dan komponen bawah lalu biarkan selama kurang lebih 2 minggu.Tanah komponen atas kemudian dicampur dengan pupuk kandang matang 20 kg + 5 gr Natural GLIO + 10 kg Dolomit aduk hingga rata sebagai media tanam.Lalu masukkan campuran tersebut ke dalam lubang tanam dan biarkan 1 minggu sebelum benih ditanam.

PENANAMAN

Penanaman  sebaiknya dikerjakan saat permulaan musim hujan.Gali lubang tanam yang berisi campuran media tanam sesuai ukuran bibit.Ambil benih dengan hati-hati agar akarnya tak rusak,kemudian tanam benih sebatas leher akar tanpa mengikutkan batangnya.Lalu siramkan air secukupnya.Agar lebih maksimal tambahkan pupuk organik SUPERNASA dengan dosis 1 botol untuk kurang lebih 200 tanaman.1 botol SUPERNASA dilarutkan ke dalam 2 liter  air untuk dijadikan larutan induk.Tiap-tiap 1 liter air diberikan 10 ml larutan induk lalu disiramkan setiap pohon atau dengan metode siramkan 1 sendok SUPERNASA per 10 liter air per pohon.

PENGAIRAN

Pengairan dilaksanakan sejak awal penanaman sampai tanaman berproduksi.Tapi pada waktu berbunga,penyiraman sebaiknya dikurangi.Penyiraman dikerjakan pada pagi hari.

PEMANGKASAN

Pemangkasan dikerjakan pada tunas-tunas air,cabang atau ranting yang tak terkena cahata matahari,tumbuhnya tidak normal,mati atau terserang hama penyakit.Pucuk tanaman dipangkas ketika tinggi tanaman mencapai ketinggian sekitar 4-5 m.

PEMUPUKAN

 

  • Usia tanaman 1-3 tahun,menggunakan pupuk kandang 30-50 kg/ha,NPK 0,5-1 kg/ha,frekuensi 3-4 kali per tahun Umur tanaman 4-6 tahun,menerapkan pupuk kandanga 75-150 kg,NPK 1,5-2,5 kg/ha,Frekuensi 2-3 kali per tahun umur tanaman 10-15 tahun,menggunakan pupuk kandang 200-300 kg/ha,NPK 3-5 kg/ha,frekuensi 1-2 kali per tahun.
  • Pemupukan sejak permulaan pertumbuhan sampai tahun ke tiga mengaplikasikan pupuk NPK dengan kandungan N tinggi.Pemupukan pupuk kandang dilakukan setahun sekali pada awal musim kemarau atau akhir musim hujan.Sedangkan pemupukan yang menggunakan pupuk makro dikerjakan menyesuaikan usia tanaman dengan sistem menaburkan melingkar sesuai lebar pendeknya tajuk tanaman.
  • Siramkan SUPERNASA (saat umur tanaman 0-3 tahun) dan POWER NUTRITION (saat tanaman berumur di atas 3 tahun).Dengan metode seperti diatas.Penyemprotan 3-4 tutup POC NASA ditambahkan 1 tutup HORMONIK per tangki,Dilaksanakan setiap 1-2 bulan selama tanaman masih dapat dijangkau alat semprot.

PERAWATAN BUAH

Pengendalian Hama Dan Penyakit
1.Penggerek Batang
Sasaran Target : Batang,dahan,ranting
Gejala : Tanaman layu,daun kering rontok dan kemudian mati.
Cara Pengontrolan : Semprotkan PESTONA dan POC NASA

2.Pengerek Buah
Gejala : Buah busuk dan berulat kemudian rontok
Metode Pengontrolan : Semprotkan PESTONA atau PENTANA ditambahkan AERO-810 lalu pakai Natural METILAT untuk perangkat hama.

3.Kutu Putih
Sasaran Target :Bunga,Daun,Buah
Gejala : Daun menjadi kriting,bunga dan buah menjadi rontok
Metode Pembatasan : Semprotkan PENTANA atau PESTONA ditambahkan AERO-810 secara bergantian.

4.Ulat Daun
Sasaran : Daun,dengan cara memakan daun
Gejala : Daun berlubang dan rusak
Cara Pembatasan : Semprotkan PESTONA atau PENTANA ditambahkan AERO-810.Semprotkan secara bergantian

5.PENYAKIT KANKER BATANG
Gejala : Terdapat luka pada kulit batang yang mengeluarkan lendir berwarna merah pada bagian baah dekat dengan tanah.Setelah tanaman membusuk,pucuk-pucuk tanaman akan mengering ,daun layu dan rontok,akibatnya tanaman menjadi mati.

Cara Pengontrolan : Perbaiki sanitasi kebun,memperbesar jarak tanam,bersihkan Gulma dan memangkas tanaman.Gunakan Natural GLIO sejak awal tanam atau oleskan pada batang yang luka kemudian tutup dengan parafin,kerok batang yang terserang hingga warna coklat tidak nampak kemudian semprot PESTONA + POC NASA.

6.PENYAKIT BUSUK AKAR
Gejala : Bagian batang tanaman mesti dibelah.Pada komponen korteks akan terlihat warna coklat.Pada bagian yang berkayu akan menonjol warna merah muda dengan bercak coklat.Biladitemukan gejala tersebut,tanaman seketika  dibinasakan dan di bakar.Bekas lubang tanam ditaburi Natural GLIO dan KAPUR.Metode drainase pada lahan juga dikoreksi untuk mencegah persebaran penyakit.Gunakan Natural GLIO semenjak awal tanam sebagai upaya pencegahan.

7.Penyakit Bercak Daun
Gejala : Terdapat bercak besar dan kering pada daun menyebabkan daun berubang
Metode Penguasaan : Aplikasikan Natural GLIO dan POC NASA

8.Penyakit Jamur
Gejala : Keluar cairan kuningpada komponen batang diselimuti dengan benang jamur berwarna mengkilat seperti laba-laba.Batang yang terserang dapat mati.

Sistem Pengontolan : Potong bagian yang terserang,kurangi kelembaban dan oleskan Natural GLIO ditambah POC NASA pada komponen yang terserang.

9.Penyakit Akar Putih
Gejala : Daun kuning kemudian coklat sebelum akhirnya mengerut dan gugur.

Cara Pemberantasan : Buang seluruh tanaman inang dari aeal kebun,gunakan Natural GLIO sebagai pencegahan.

10.Penyakit Busuk Buah
 Gejala : Terdapat bercak-bercak berair berwarna coklat kehitaman pada kulit buah.
Buah kemudian membusuk dan terwujud miselium dan sporangia berwarna putih pada bagian yang terserang.

Sistem Pencegahan : Gunakan Natural GLIO sebelum tanam.


Kami menyediakan produk-produk pertanian,peternakandan perikanan PT.Natural Nusantara produk yang kami sediakan diantaranya : POC NASA,SUPERNASA,BINTANG TANI,GREEN STAR,TANGGUH PROBIOTIK,HORMONIK,POWER NUTRITION,dll.Produk Peternakan : VITERNA PLUS,TON,dll.

Percayakan pembelian produk NASA kepada kami,kami kan jamin 100% keamanan,kepercayaan produk yang anda pesan kami pastikan sampai ke tempat tujuan/alamat anda,karena kami mengutamakan kepercayaan anda dan kepercayaan dari anda adalah amanah bagi kami.

Kami juga menerima pendaftaran distributor /agen baru untuk bergabung bisnis memasrkan produk PT.Natural Nusantara keseluruh wilayah Indonesia dan manca negara.





Butuh Bantuan?Jangan Sungkan 

Jika Anda Butuh Bantuan,Ataupun Hal-Hal Yang Ingin Ditanyakan,Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami,Dengan Senang Hati akan Kami Bantu

TELP/SMS/WA

0813 2952 3111

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DOSIS PUPUK DURIAN MONTONG"

Post a Comment