CARA BUDIDAYA IKAN GABUS

CARA BUDIDAYA IKAN GABUS


Ikan gabus itu biasanya dikenl dengan mana Ikan Kutuk ini merupakan salah satu ikan air tawar asli indonesia.Ikan gabus biasanya ditemui di waduk,sungai yang airnya tenang,rawa-rawa yang airnya cukup dalam.ikan gabus juga dibudidayakan sendiri.Cara budidaya ikan gabus dimulai dengan tahap pembibitan ikan gabus,antara lain :

1.Pemilihan Induk
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk ternak ikan gabus adalah dengan memilih indukan jantan dan betina yaitu dengan melihat tampilan fisik ikan gabus,dan pilih induk ikan gabus yang baik.Pilih ikan gabus jantan yang beratnya telah mencapai 1 kg.


2.Pemijahan
Bibit ikan gabus akan dihasilkan jika pemijahan berlangsung sukses.Hal yang perlu dipersiapkan adalah bak dari beton dengan ukuran panjang 7 x 4 x 2 meter.Kemudian keringkan bak ini selama 3 hingga 4 hari.Setelah itu barulah bak beton diisi dengan air hingga 50 cm.Untuk membantu menciptakan dan mempertahankan ekosistem tambak yang seimbang dan menumbuhkan mikroorganisme yang bermanfaat bagi lingkungan tambak,aplikasikan dengan produk TON dari Nasa.Selama proses ini berlangsung,perhatikan dengan seksama permukaan kolam.Jika ada telur yang muncul pada permukaan kolam segar ambil menggunakan skupnet halus kemudian pindahkan telur dalam akuarium untuk ditetaskan.

3.Penetasan
Proses ini membutuhkan akuarium dengan ukuran 60 x 40 x 40 cm.Jumlah telur yang mampu ditetaskan sebanyak 12.000 butir/akuarium.24 jam  kemudian telur tersebut akan menetas.

4.Pemelihataan Larva
Larva ikan gabus diberikan pakan sebanyak 2 kali per hari setelah menetas sampai 15 hari dalam akuarium yang sama.Setelah 5 hari,benih diberi daphnia sebanyak 3 kali sehari sebagai makanan tambahan.

5.Pendederan Bibit Ikan
Tahap pertama dalam proses ini dilakukan pada kolam tanah.Sebelumnya,kolam tanah dikeringkan selama 4-5 hari.Penebaran larva dilaksanakan di pagi hari dengan populasi 4.000 ekor/200 meter kuadrat.Setelah 2 hari maka ikan diberi makanan tepung pelet yang telah dicampurkan dengan Viterna + POC Nasa + Hormonik ke dalam pelet.3 minggu kemudian ikan siap dipelihara sehingga ukuran besar.

Ikan gabus merupakan salah satu ikan karnivora sehingga tidak heran jika ikan ini sering menjadi hama bagi budidaya ikan di kolam atau empang karena memangsa ikan lain yang di budidayakan.

Sedangkan dalam yaitu :
  • Bibit ikan gabus banyak yang bisa dipikan dari indukan yang ada di alam.
  • Tempat budidaya ikan gabus menggunakan air tenang,kolam terpal,keramba,ataupun KJA
  • Pengelolaan pakan yang paling utama yakni anak ikan mujahir,limbah ikan yang dapat berupa ikan rucah,keong mas,cacing tanah sedangkan pakan pelet dengan kandungan 30% dapat dijadikan pakan ikan gabus.
  • Pengelolaan kualitas air yakni dengan mengganti air pada kondisi cukup agar kualitas air tetap terjaga.Jika terdapat kotoran menumpuk,serta ada banyak sisa pakan ikan maka harus dilakukan pembersihan.
  • Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan pemberian Probiotik Tangguh dari Nasa.

Produk Nasa tersebut juga bisa diaplikasikan untuk ternak ikan gurame,ikan patin,ikan mas,ikan bawal,ikan bandeng,dan juga udang.Segera dapatkan produk Nasa (TON,Viterna,POC Nasa,Hormonik) yang asli untuk budidaya ikan gabus anda dan jangan tergiur dengan harga murah.



Butuh Bantuan?Jangan Sungkan 

Jika Anda Butuh Bantuan,Ataupun Hal-Hal Yang Ingin Ditanyakan,Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami,Dengan Senang Hati akan Kami Bantu

TELP/SMS/WA

0813 2952 3111



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA BUDIDAYA IKAN GABUS"

Post a Comment