TEKNIS BUDIDAYA SELEDRI DENGAN PUPUK ORGANIK NASA

BUDIDAYA SELEDRI


Seledri (Apium graveolens L.) sudah sejak lama dikenal masyarakat Indonesia.Tanaman seledrijuga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran bumbu (penyedap rasa).Seledri juga bisa dimanfaatkan sebagai obat,penyembuh demam dan darah tinggi,serta sebagai penyubur rambut.
Di indonesia tanaman seledri yang banyak dikenal ada dua varietas,yaitu seledri potong dan seledri daun.Seledri daun merupakan jenis yang paling banyak dibudidayakan oleh petani.Varietas ini mempunyai beberapa ciri,yaitu tanamannya pendek,daunnya banyak dan juga anakannya cukup banyak.Berikut ini cara mudah menanam seledri.

1.Teknik Budidaya
Tanaman seledri dapat ditanam didataran rendah maupun di dataran tinggi.Akan tetapi,agar mencapai hasil optimal penanaman sebaiknya dilakukan pada ketinggian antara 1.000 m² - 1,200 m² diatas permukaan laut.

2.Teknik Persemaian
Tanaman seledri sebelum ditanam perlu disemai terlebuh dahulu.Caranya adalah sebagai berikut :
Siapkan bedengan dengan lebar antara 80-100 cm dan panjang sesuai kebutuhan.Tanah diolah dan dicampur pupuk kandang.Pengolahan lahan dapat dilakukan bersamaan dengan waktu semai.setelah tanah bedengan dirapikan,benih seledri ditabur secara merata supaya pertumbuhannya seragam,Kemudian ditutup memakai campuran tanah,pupuk kandang,serta serbuk gergaji atau sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1.Setelah itu,disiram dan ditutup memakai karung agar tanah menjadi lembab dan merangsang perkecambahan.Setelah kurang lebih 10 hari tanaman akan tumbuh,penutup diambil dan untuk mengurangi terik panas matahari,dibuatkan naungan.Seperti persemaian lainnya perlu dilakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari.Setelah berumur 45-50 hari,bibit siap ditanam.

3.Penanaman
Untuk memudahkan pemeliharaan anda bisa membuat parit-parit keliling untuk pengairan.Tanaman seledri biasanya membutuhkan air banyak jika musim kemarau.Jarak tanam 25 x 25 cm² atau 30 x 30 cm² dengan dua atau tiga tanaman per lubang.

4.Pemupukan

Untuk pemupukan dalam satu musim tanam bida dilakukan antara dua sampai tiga kali.Pemupukkan pertama dilakukan saat tanaman berumur 10-15 hari setelah tanam dengan dosis ZA =100kg/ha,Urea = 50 kg/ha,dan KCI = 100 kg/ha.Pemupukan kedua dilakukan saat tanaman berumur . 30 hari setelah tanam dengan dosis ZA = 100 kg/ha dan Urea = 50 kg/ha.Pemupukan ketiga dilakukan saat tanaman berumur > 45 hari setelah tanam dengan dosis ZA = 100 kg/ha.Pemupukan ini jarang dilakukan kecuali jika tanaman dirasa kurang subur.Untuk pemupukan produk NASA seprotkan POC NASA dan HORMONIK,dengan dosis 3 tutup POC NASA dan 1 tutup HORMONIK /tangki 12-15 liter air.Semprotkan 3x dalam 1 musim.

5.Pemeliharaan
Untuk memperoleh hasil yang optimal pengairan perlu dilakukan secara terus-menerus,terutama saat tanam di musim kemarau.Pada saat musim kemarau,penyiraman dilakukan setiap 10 hari sekali.Selain pengairan,penyiangan juga perlu dilaksanakan setiap 15 hari sekali.

6.Pengendalian Hama dan Penyakit
Pada seledri hama utama adalah wereng biasa disebut oleh petani Aro.Hama ini berbahaya jika dibiarkan.Hama ini menghisap cairan daun sampai kering.Pengendalian hama tersebut adalah memakai agens hayati NASA yaitu Natural BVR untuk mencegah dan mengendalikan wereng.Dosis penyemprotan : 1 kotak BVR dicampur 3 tangki semprot untuk per 1.000 m²,disemprotkan saat seledri berdaun tiga.
Penyakit utama pada tanaman seledri adalah penyakit cacar coklat kuning dan sejenis cendawan.Penyakit ini dapat dikendalikan dengan memakai Kocide 77WP.

7.Pemanenan
Tanaman seledri daun dipanen setelah berumur 45-60 hari.Cara memanennya yaitu dengan mencabut tanaman sampai akarnya,kemudian dicuci sehingga bersih.Selanjutnya ditali dan siap dibawa ke pasar untuk dijual.



Butuh Bantuan?Jangan Sungkan 

Jika Anda Butuh Bantuan,Ataupun Hal-Hal Yang Ingin Ditanyakan,Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami,Dengan Senang Hati akan Kami Bantu

TELP/SMS/WA

0813 2952 3111




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEKNIS BUDIDAYA SELEDRI DENGAN PUPUK ORGANIK NASA "

Post a Comment