BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR

LOBSTER AIR TAWAR





Cara budidaya lobster air tawar baru-baru ini memang cukup menjanjikan. Pasalnya, permintaannya semakin bertambah sementara pembudidaya lobster belum terlalu banyak, sehingga kebutuhan pasar belum terpenuhi. Budidaya lobster air tawar dapat dilakukan di lokasi yang bisa Anda pilih, di kolam tanah, maupun kolam terpal. Akan tetapi, untuk perawatan lobster harus dilakukan dengan cermat agar hasil panen semakin optimal. Hanya saja, Anda harus melakukan perawatan dengan cermat agar budidaya lobster air tawar menjadi optimal. Berikut adalah cara mudah budidaya lobster air tawar.

  1. Habitat lobster
Hal pertama yg harus ditentukan adalah habitat dari lobster air tawar tersebut. Apakah di kolam tanah, akuarium, kolam semen, atau kolam terpal. Sebelum diberi air, terlebih dulu gunakan TON (Tambak Organik Nusantara) untuk mengembalikan kesuburan lahan, mempercepat pertumbuhan pakan alami / plankton, dan menetralkan senyawa beracun. Pengaplikasiannya yaitu dengan cara memasukkan beberapa sendok TON ke dalam air kemudian aduk hingga rata dan siramkan ke seluruh areal lahan tambak. Diamkan selama 3-7 hari. Setelah itu masukkan air pertama setinggi 10-25 cm dan dibiarkan selama 7 hari untuk memberi kesempatan bibit-bibit plankton tumbuh setelah menggunakan TON dan membersihkan air dari kaporit jika pengairan dari PAM. Setelah itu, air dimasukkan hingga minimal 80 cm.
  1. Pemberian pakan
Hal paling penting dalam perawatan lobster air tawar tersebut adalah bagaimana cara pemberian pakan sesuai ukuran yg mereka butuhkan. Karena dalam budidaya lobster air tawar memiliki sifat kanibalisme seperti halnya ikan lele. Ketika asupan makanan kurang, maka yang akan menjadi santapan mereka adalah lobster lainnya.
Pemberian pakan baiknya dilakukan 2 kali sehari, yakni pagi serta sore hari menjelang malam. Makan yg bisa diberikan adalah;
  • Pellet
  • Jagung basah diparut serta sayuran lain
  • Ketela pohon diparut
  • Plankton
Untuk mencegah kekurangan asupan makanan dan meningkatkan pertumbuhan udang, perlu penambahan nutrisi lengkap dalam pakan. Untuk itu, pakan harus dicampur dengan VITERNA dan POC NASA yang mengandung mineral-mineral penting, protein, lemak dan vitamin dengan dosis 5 cc/kg pakan untuk umur dibwah 60 hari dan setelah itu 10 cc/kg pakan hingga panen.
Selain itu, sebaiknya, di dasar kolam diberi paralon. Baik itu kolam akuarium maupun kolam semen serta tanah. Paralon sangat berguna sebagai tempat bersembunyi bagi lobster yg sedang berkembang biak dari serangan lobster yang lebih besar. Di paralon tersebut juga bisa Anda buat ventilasi udara supaya bisa mendukung kesuksesan cara mudah budidaya lobster di air tawar tersebut.
Lobster air tawar ini mengalami pergantian kulit sama seperti ular. Pada saat pergantian kulit inilah saat di mana lobster sangat lemah dan bisa menjadi sasaran lobster lain saat asupan pakan berkurang. Saat pergantian kulit selesai, ukuran lobster biasanya akan bertambah besar.
  1. Pemilihan bibit

Bibit bisa didapatkan dengan mengawinkan lobster betina serta jantan yg bisa dibedakan berdasarkan warna capitnya. Untuk bibit terbaik, sebaiknya pilih yg ukurannya 1 inci hingga 2 inci. Lalu dimasukkan dalam kolam pembesaran. Jangan lupa pasang kincir supaya gelembung udara lancar. Sebagai pengganti kincir, Anda juga bisa menggunakan aerator.
  1. Pemanenan

Panen lobster air tawar dapat dilakukan setelah berumur 7 bulanan. Untuk mengambil lobster yang telah siap panen (dikonsumsi) biasanya dilakukan pada pagi atau sore hari. Saat menjelang siang biasanya banyak lobster yang melakukan molting. Jika pada saat bersamaan dilakukan pengurangan air, dikhawatirkan lobster akan mati. Karena itu panen yang dilakukan pada siang hari sebaiknya sudah selesai sebelum menjelang siang.
Untuk memanen lobster cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan perangkap pembuangan. Air di dalam kolam dikeluarkan hingga tinggal 5 cm. Saat air dibuang, lubang pembuangan dipasang penyaringan agar lobster tidak kabur. Setelah semua lubang persembunyian (shelter) dikeluarkan, lobster yang menempel pada media persembunyian bisa langsung ditampung dalam serokan. Selanjutnya air dikosongkan hingga kering dan sisa lobster yang tertinggal diambil dengan tangan.
Segera dapatkan produk Nasa untuk budidaya lobster air tawar Anda. Dapatkan produk Nasa yang asli dan jangan tergiur harga murah.


Butuh Bantuan?Jangan Sungkan 

Jika Anda Butuh Bantuan,Ataupun Hal-Hal Yang Ingin Ditanyakan,Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami,Dengan Senang Hati akan Kami Bantu

TELP/SMS/WA

0813 2952 3111


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR"

Post a Comment