TEKNIK BUDIDAYA JAMUR TIRAM DENGAN PUPUK NASA

Budidaya jamur NASA

Budidaya Jamur Tiram sangat cocok untuk daerah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia.juka kamu ingin usaha budidaya jamur tiram investasi yang dikeluarkan cukup murah dan bisa kamu lakukan secara bertahap.Bagian tersulitnya adalah membuat baglog,media tanam yang di inokulasikan dengan bibit jamur.

Ada dua kegiatan utama yang harus dilakukan dalam membudidaya jamur tiram ini.Tahap pertama adalah membuat media tanam dan menginokulasikan bibit jamur kedalam media tanam tersebut.Sehingga media akan ditumbuhi miselium berwarna putih seperti kapas.Tahap kedua adalah menumbuhkan miselium tersebut menjadi badan buah.

Biasanya pendatang baru memulai kegiatan budidaya dengan menumbuhkan baglog menjadi daging buah.Smentara pengadaan baglog yang siap tumbuh didapat dengan membeli dari orang lain.Kemudian setelah kegiatan budidaya mulai berkembang dan volumenya banyak,barulah mencoba membuat baglog sendiri.

Cara Budidaya Jamur Tiram
  • Menyiapkan Kumbung 

Kumbung atau rumah jamur adalah tempat untuk merawat baglog dan menumbuhkan jamur.Kumbung biasanya sebuah bangunan yang berisi rak-rak meletakkan baglog.Kumbung harus memiliki kemampuan untuk menjaga suhu dam kelembaban.

Kumbung tersebut terbuat dari bambu dan kayu,dinding kumbung biasanya terbuat dari gedek atau papan serta atapnya terbuat dari genteng atai sirap.Jangan menggunakan atap asbes atau seng,karena atap tersebut dapat membuat suhu udara menjadi panas.Sedangkan lantainya biarkan dari tanah saja,karena membantu penyerapan air pada saat menyiram jamurnya.

Didalam kumbung harus ada rak berupa kisi-kisi yang dibuat secara bertingkat.Rak tersebut berfungsi sebagai penyusun baglog.Rangka raknya bisa dibuat dari bambu dan kayu.Rak harus diletakkan berjajar antara rak yang satu dengan rak yang lain dipisahkan oleh lorong-lorong agar memudahkan untuk melakukan perawatan.

Ukuran ketinggian ruang antar rak sebaiknya tidak kurang dari 40 cm,rak juga dapat dibuat 2-3 tingkat.

Lebar rak sebaiknya 40cm dan panjang setiap ruas rak 1m.Pada setiap ruas rak sebesar ini dapat menampung 70-80 baglog.Dapat juga disesuaikan dengan jumlah baglog yang ingin dibudidayakan..
  • Menyiapkan Baglog

Baglog adalah media tanam tempat meletakkan bibit jamur tiram.Bahan utama dari pembuatan baglog ini adalah serbuk gergaji,karena jamur tiram termasuk jamur kayu.Baglog biasanya dibungkus plastik berbentuk silinder,dimana salah satu ujungnya diberi lubang.Di lubang tersebut jamur tiram akan tumbuh keluar.

Pada saat kamu melakuakan budidaya jamue tiram dalam skala yang besar,para petani biasanya membuat baglog sendiri.Namun,untuk pemula atau petani dengan modal terbatas sebaiknya baglog beli dari orang lain agar bisa fokus menjalankan usaha budidaya.
  • Cara Merawat Baglog
Terdapat 2 cara menyusun baglog dalam rak,yakni dapat meletakkan secara vertikal dimana lubang baglog menghadap ke atas.Serta secara horizontal,lubang baglog menghadap ke samping.


Kedua cara ini memiliki kelebihan masing-masing.Baglog yang disusun secara horizontal lebih aman dari siraman air.Jika penyiraman berlebihan,air tidak akan masuk kedalam baglog.Selain itu,untuk memanennya juga lebih mudah.Hanya saja,saat penyusunan lebih banyak menyita tempat.
  • Cara Merawat Jamur Tiram
Sebelum baglognya disusun,buka terlebih dahulu cincin dan kertas penutup baglog.Kemudian diamkan selama kurang lebih lima hari.

Setelah itu,potong ujung baglog agar memiliki ruang pertumbuhan lebih lebar.Diamkan selama 3 hari jangan dulu disiram.Penyiraman cukup pada lantai saja.

Untuk penyiraman gunakan spray,penyiraman sebaiknya membentuk kabut,bukan tetesan air.Semakin sempurna pengabutan maka akan semakin baik jamur nya.Lakukan penyiraman 2-3 kali sehari,tergantung pada suhu dan kelembaban kumbung.
  • Pengendalian Hama
Selain pemeliharaan pada baglog,juga perlu dilakukan perawatan untuk mencegah atau menghindari hama dari penyakit yang bisa menyerang jamur tiram kapan saja.Hama dan penyakit yang menyerang tentu dipengaruhi oleh keadaan lingkungan maupun jamur itu sendiri.Sehingga tempat budidaya haris dibersihkan dengan penyemprotan formalin pada area sekitar kumbung,secara berkala.
  • Pemanenan
jika baglog yang digunakan permukaannya telah tertutup sempurna dengan miselium,biasanya dalam 2 minggu sejak pembukaan baglog,jamur sudah mulai tumbuh dan sudah dapat dipanen.Baglog jamur dapat dipanen sebanyak 5-8 kali,jika perawatannya baik.Baglog yang memiliki berawat sekitar 1 kg akan menghasilkan jamur kurang lebih 0,7-0,8 kg.

Pemanenan dapat dilakukan pada jamur yang telah mekar dan membesar.Tepat nya diujung-ujung telah terlihat meruncing .Namun tudungnya belum pecah masih putih berseri.Jika masa panen lewat setengah hari saja,maka warna dari jamur tiram akan berubah menjadi kuning kecoklatan dan tudungnya pecah.Jika sudah begini,jamur jamur akan cepat layu dan tidak akan bertahan lama.Perlu diperhatikan bahwa dalam proses pemanenan harus tepat sesuai jadwal.Jarak panen pertama ke panen berikutnya berkisar 2-3 minggu.

Meningkatkan Hasil Panen Jamur Tiram Dengan Produk NASA
Cara praktis meningkatkan hasil panen jamur tiram dengan produk NASA,yaitu dengan menyuntikkan nutrisi kedalam baglog.Sebagai nutrisi menggunakan POC NASA dan HORMONIK.


Caranya dengan menyuntikkan ke dalam baglog jamur tiram tersebut dengan dosis :
  1. 300cc POCNASA ditambah 100cc HORMONIK campurkan dalam 10 liter air.
  2. Suntikkan 5ml setiap baglog interval 1 minggu sekali.
Cara tersebut di atas sudah dilakukan dan dibuktikan oleh Bapak Imam Sahudi,petani jamur tiram dari Desa Labuhan Kidul,Kecamata Sloke,Kabupaten Rembang,Jawa Tengah.

Kreativitas dan semangatnya tersebut mampu meningkatkan panen jamur tiram dengan kuantitas dan kualitas yang baik tanpa mencemari kelestarian lingkungan sekitar.

Demikian pembahasan  mengenai Cara Budidaya Jamur Tiram Semoga bermanfaat.Dapatkan produk NASA untuk budidaya jamur tiram hanya di Agen Resmi PT.Natural Nusantara.

Butuh Bantuan?Jangan Sungkan 

Jika Anda Butuh Bantuan,Ataupun Hal-Hal Yang Ingin Ditanyakan,Jangan Ragu Untuk Menghubungi Kami,Dengan Senang Hati akan Kami Bantu

TELP/SMS/WA

081329523111

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEKNIK BUDIDAYA JAMUR TIRAM DENGAN PUPUK NASA"

Post a Comment